Artikel

13 Cara Merawat Pakaian Agar Tahan Lama dan Semakin Awet

Cara Merawat Pakaian Agar Tahan Lama – Baju dan celana merupakan pakaian utama yang perlu kita perhatikan, bukan tanpa alasan karena demi menjaga dan menjaga kualitas bahan dari pakaian tersebut. Pastinya kita masing-masing memiliki baju atau celana favorit untuk dipakai, jadi pasti kita akan merawatnya sebaik mungkin agar awet dan tidak mudah rusak.

Ini adalah salah satu alasan mengapa kita harus merawat pakaian kita, selain alasan lainnya. Misalnya karena pakaian memiliki harga yang cukup mahal, maka Anda harus merawatnya dengan baik daripada harus membelinya lagi. Tidak menutup kemungkinan juga pakaian tersebut merupakan barang limited edition sehingga harus benar-benar dirawat dan dirawat karena tidak akan ada restocking. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Cara Merawat Pakaian agar tahan lama.

Berikut Beberapa Cara Merawat Pakaian Agar Tahan Lama

Setiap pakaian tentu memiliki masa pakai berbeda-beda. Dan biasanya pakaian yang sudah tidak layak pakai akan langsung dibuang. Namun, tahukah Anda bahwa sampah tekstil kian tahun kian meningkat? Hal ini tentu berbahaya bagi kelestarian lingkungan.

Nah, mulai sekarang Anda harus menjaga dan merawat pakaian dengan baik dan benar agar tidak cepat berakhir di tempat pembuangan. Berikut 13 tips dan cara merawat pakaian agar tahan lama. Langsung praktikkan!

1. Jangan Terlalu Sering Dicuci

Mencuci pakaian terlalu sering dengan tujuan menjaga kebersihan justru akan merusak serat pakaian dan memudarkan warna asli pakaian. Jika pakaian yang dikenakan tidak terlalu kotor atau bau, sebaiknya tidak perlu dicuci, terutama jeans atau pakaian tebal lainnya. Untuk membunuh kuman, jemur sekitar 2-3 jam di bawah sinar matahari. Hal ini penting dilakukan agar pakaian tetap terlihat dalam keadaan rapi, karena pada umumnya manusia memiliki minat terhadap kerapian.

Sebenarnya ini juga menjadi hal dasar dalam merawat pakaian, jadi pakai saja jika diperlukan karena rapi. Usahakan saat menyetrika sambil menyemprotkan pewangi pakaian, agar pakaian yang sudah disetrika tetap rapi dan harum di dalam lemari. Gunakan api kecil saat menyetrika, agar warna pakaian tidak pudar dan bahan tidak mudah pecah. Karena menyetrika dengan uap panas yang berlebihan akan berdampak buruk pada pakaian, terutama pakaian yang berbahan katun.

2. Pisahkan Pakaian

Sebelum mencuci, pastikan Anda memisahkan pakaian kotor sesuai dengan warnanya karena beberapa pakaian dapat memudar (terutama warna gelap). Cara terbaik untuk mencuci pakaian adalah dengan mencuci pakaian putih terlebih dahulu, kemudian pakaian berwarna terang dengan jenis yang sama, dan terakhir mencuci pakaian berwarna gelap.

Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan tingkat kelembutan pakaian sebelum Anda mencucinya. Pencetakan gambar pada pakaian merupakan hal yang penting selain dari bahan pakaian yang bagus, karena sablon merupakan penunjang daya tarik dari pakaian itu sendiri. Jadi jangan merusak sablon dengan menyetrikanya, karena bisa merusak gaya.

Masih soal menyetrika, usahakan jangan langsung menyetrika sablon. Karena sablon tidak terbuat dari bahan kain yang bisa disetrika seperti bahan dasar baju, menyetrika sablon gambar juga bisa merusak tekstur sablon. Sablon bisa kita setrika dengan catatan minimal dilapisi kertas atau kain tipis lainnya, kita juga bisa menyetrika dari bagian dalam baju agar sablon tidak rusak.

3. Gunakan Air Dingin

Mencuci pakaian dengan air dingin merupakan salah satu pilihan yang baik karena tidak merusak kain secepat air panas. Selain itu, dengan menggunakan air dingin untuk mencuci pakaian, Anda juga menghemat energi. Bahan kimia dalam kandungan deterjen memiliki tekstur yang cukup panas, selain dapat membersihkan noda, deterjen juga dapat merusak kualitas pakaian jika kita merendam pakaian terlalu lama.

Apalagi bahan pakaian yang mudah luntur akan berdampak buruk pada pakaian itu sendiri dan juga pakaian lainnya. Pakaian lain akan terpengaruh oleh warna pakaian, yang dapat menyebabkan bercak warna yang berbeda.

4. Pemutih Ramah Lingkungan

Pemutih tidak hanya beracun bagi manusia, tetapi juga berbahaya bagi lingkungan dan membuat ketebalan kain cepat menipis. Sebagai gantinya, cobalah merendam pakaian Anda dalam air panas yang dicampur dengan soda kue.

5. Hindari Kerusakan Saat Mencuci

Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat mencuci pakaian dengan mesin cuci. Pastikan untuk menutup resleting celana atau jaket Anda agar tidak rusak saat mesin beroperasi. Jika Anda akan mencuci bra yang sudah dimasukkan ke dalam mesh bag, jangan lupa untuk mengikatnya terlebih dahulu agar tidak tersangkut pakaian lain.

6. Merawat Pakaian Lembut

Ada beberapa jenis pakaian yang sangat lembut sehingga tidak boleh dicuci dengan mesin cuci, salah satunya adalah pakaian dalam yang harus dicuci dengan tangan. Namun jika harus mencucinya menggunakan mesin cuci, masukkan ke dalam mesh bag atau stocking yang sudah tidak digunakan lagi untuk memisahkannya dari pakaian lain.

7. Sebisa Mungkin Keringkan Secara Alami

Panas yang dihasilkan oleh pengering pakaian dapat merusak pakaian jika Anda menggunakannya pada pakaian yang masih basah. Oleh karena itu, sedapat mungkin jemur pakaian secara alami dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Seperti halnya menyetrika pakaian, dalam hal penjemuran juga harus dan penting untuk diperhatikan. Jemur pakaian dalam waktu tertentu, jangan biarkan pakaian terlalu lama terkena panas matahari langsung.

Selain dapat memudarkan warna pakaian, mengeringkannya terlalu lama juga dapat menyebabkan bahan dari pakaian itu sendiri menjadi rapuh dan mudah sobek. Caranya dengan membilas pakaian hingga benar-benar bersih hingga tidak ada lagi busa deterjen yang tersisa, lalu peras pakaian tersebut. Selanjutnya, goyang-goyangkan pakaian agar tidak terlalu basah, jadi kita tidak perlu menggantungnya terlalu lama, karena sudah agak kering dan hanya butuh beberapa jam untuk mengeringkannya sepenuhnya.

8. Gantung Baju Sesuai Kebutuhan

Pastikan untuk menggantung pakaian yang harus digantung dan melipat pakaian yang perlu dilipat. Menggantung semua pakaian Anda hanya akan mendistorsi dan membuat pakaian Anda kusut dan membuat lemari Anda terlihat sempit.

9. Simpan Pakaian Dengan Baik

Saat musim berganti dan Anda ingin menyimpan pakaian lama Anda, gunakan kotak penyimpanan yang melindungi pakaian dari ngengat, debu, kotoran, dan hal-hal lain yang dapat merusak pakaian Anda. Tempatkan kotak penyimpanan di tempat yang sejuk untuk menghindari jamur dan perubahan warna. Anda juga bisa menambahkan pengharum ruangan agar pakaian tetap wangi selama berada di dalam kotak.

10. Gunakan Pakaian Yang Sesuai

Sesuaikan pakaian dengan aktivitas yang akan Anda lakukan agar tidak rusak. Kenakan pakaian formal dan rapi untuk bekerja atau keluar bersama teman. Sedangkan saat akan beraktivitas di luar ruangan, kenakan pakaian yang Anda tidak peduli jika kotor atau robek.

11. Perbaiki Secepatnya

Jangan menunggu terlalu lama sampai kerusakan pada pakaian membuatnya tidak bisa digunakan. Segera perbaiki jika ada kerusakan kecil pada pakaian Anda seperti kancing yang hilang, robekan kecil, atau resleting yang rusak.

12. Hati-Hati Dengan Hal-Hal Di Sekitar Anda

Hati-hati dengan paku yang tajam, sudut meja, atau permukaan kasar yang dapat merusak pakaian Anda. Selain itu, unsur kimia seperti parfum, hairspray, deodoran, atau keringat juga bisa menyebabkan perubahan warna pakaian.

13. Periksa Petunjuk Perawatan

Aturan dasar untuk membuat pakaian bertahan lebih lama adalah dengan memeriksa petunjuk perawatan sebelum mencucinya. Kain yang berbeda memiliki kebutuhan yang berbeda dalam perawatannya, jadi pastikan untuk terlebih dahulu membaca label perawatan yang umumnya terdapat pada semua pakaian. Jika pakaiannya bukan piyama, maka jangan memakainya saat tidur.

Karena bahan bajunya tidak seelastis baju untuk tidur, jika masih terpaksa memakainya saat tidur, biasanya bahan baju akan melar karena gerakan yang kita lakukan saat tidur. Untuk itu, gunakanlah pakaian sesuai dengan waktu dan tempat, agar pakaian tetap awet dan tahan lama. Dengan menerapkan cara ini, berarti kita telah melakukan satu hal untuk merawat pakaian itu sendiri.

Nah, itulah pembahasan mengenai Cara Merawat Pakaian Agar Tahan Lama. bagi Anda yang ingin mencuci pakaian dengan tingkat kebersihan serta keamanan yang tinggi, Anda bisa berlangganan bersama Gian Laundry yang merupakan penyedia Laundry Antar Jemput Tangerang Selatan. Kami memiliki layanan lengkap yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda saat ini. Pilih paket Jasa Laundry Antar Jemput sekarang dan dapatkan potongan harga spesial khusus pemesanan hari ini

JASA LAUNDRY ANTAR JEMPUT TERLENGKAP GIAN LAUNDRY

Artikel ini untuk kuliah SEO.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *